Desktop Blogging Client berbasis KDE di Ubuntu Oneiric 11.10

website blogilo
Test… test… Sebenarnya sudah jatuh cinta sangat sama Windows Live Writer. Itulah salah satu alasan masih belum bisa pull migrasi ke linux disamping alasan kerjaan yang semua softwarenya berbasis windows. Jadi kalo urusannya kantor sama nge-blog mau tidak mau harus running 7.
Nah, sudah beberapa kali surfing nyari dekstop client untuk nge-blog di linux. Dan hasilnya memang belum ada yang bisa nyamain WLW (Windows Live Writer). WLW sudah menjadi salah satu siri dari Microsoft… kemudahan, atau simplicity. Kalau mau jujur hal inilah yang membuat desktop linux susah untuk menyaingi-nya, terlepas itu dari free atau tidaknya.
Setelah cape muter-muter nyari blog editor yang mirip-mirip dengan WLW, akhirnya saya tutup mata installing Blogilo (saya dapet disini artikelnya http://www.addictivetips.com/ubuntu-linux-tips/blogilo-windows-live-writer-type-blogging-client-for-ubuntu-linux/). Saya tidak baca review atau testimoni dari user lainnya di internet seperti yang biasa saya lakukan, karena sepertinya susah untuk mencari yang setidaknya punya kelebihan sama dengan WLW.
Cukup dengan membuka synaptic (ALT-S —> ketikan blogilo di search box), beri tanda centang di Mark for Installation kemudian klik Apply. Tunggu sebentar dan beres. Saya coba untuk membuat artikel ini.
Berikut review saya:
  1. Insert gambar ukurannya harus kita tentukan dari awal. Tidak seperti WLW yang drag n drop dan langsung bisa resize di editornya. Blogilo tidak seperti itu. Benar-benar manual.
  2. Ada Post Preview juga.
  3. Tidak ada plugin untuk menambah fungsionalitas editor!!! Untuk blogger awam seperti saya tentu sangat kesulitan dengan tidak adanya plugin ini.
  4. Postingan artikel yang sudah kita buat bisa ditampilkan di editor (lihat gambar di bawah).
blogilo editor
Sekian dulu reviewnya…

=-=-=-=-=
Powered by Blogilo

Posted on 26 November, 2011, in bLog Exp and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment